Mengenal Tentang Chassis Bus Mercedes-Benz OH 1518 king




Siapa yang gak kenal sama bus ini? iya betul Po.Raya dengan chassis yang melegenda yaitu Mercedes Benz OH 1518 King.
Dan populasi Mercedes Benz bisa dibilang paling banyak daripada bus lain.
ketika chassis bus ini masuk ke Indonesia,Banyak owner bus yang menggunakanya.
salah satu chassis OH1518(short chassis)

 















OH 1518 hadir dalam 2 varian : 1518/51 (short chassis) dan 1518/60 (long chassis),Bus – Bus yang menggunakan mercy ini dahulu identik dengan kemewahan,karena mercedes terkenal dengan perusahan produsen mobil mewah. Mesin OM366A Berkapasitas 5.958 cc yang bertenaga berkat pengaplikasian Turbo sanggup menyemburkan tenaga sebesar 180 Hp / 2600 rpm dan torsi sebesar 590 nm / 1600 rpm.

gambar dari mesin 1518 king























Mercedes Benz OH1518 chassis
dan ini gambar chassis bus MBOH 1518 king di amerika


















Rangkanya masih menggunakan jenis Ladder Frame yang sangat tangguh, tidak ada hal spesial yang pada generasi MB OH 1518 ini semua masih sederhana.. suspensi menggunakan per daun dengan shock absorber dan stabilizer, penggunaan Power Steering serta Turbo. Sistem rem menggunakan Airbrake dengan tipe rem tromol baik pada roda depan maupun belakang.
Interior 1518 king




















Namun berkat kesederhanaan teknologi itulah yang membuat bus ini disukai oleh banyak operator bus – bus di tanah air. Terbukti OH 1518 ini merupakan bus yang awet, tahan banting, mampu digunakan di berbagai kondisi tanpa memerlukan banyak penyesuaian. Sparepart berlimpah dan perawatannyapun terbilang mudah sehingga mampu dikerjakan oleh mekanik internal PO – PO, Bus ini sendiri pada masanya belum melalui uji emisi berstandar Euro, sehingga bus ini nurut – nurut saja diajak lari kencang hingga 120 km/h lebih tanpa terkena limitasi kecepatan. Dibejek secara kasarpun mesin bus ini akan langsung merespon tanpa ada pengaturan – pengaturan apapun dari ECU, makanya tidak heran bila langsung digas dalam – dalam pada pada kecepatan rendah bus ini akan menyemburkan asap hitam sebagai akibat pembakaran tidak sempurna dari mesin diesel OM366A tersebut.
hasil dari pembakaran yang tidak sempurna
















ALS-165-D
als termasuk pengguna 1518 terbesar



























maka dari itu banyak po-po bus yang masih mempertahankan chassis ini karena bus ini
ini sangat tangguh untuk menghadapi medan2 berat.
bus di sumatra masih mempertahankan chassis ini bahkan ada yang merebody
walaupun bus ini boros bbm tapi masih digunakan untuk rute jarak dekat maupun jauh
OH 1518 PO. Budiman yang telah mengalami Rebody
1518 milik budiman yang direbody





















Mercy pada medio 1990-an juga merilis varian yang lebih bertenaga, identik dengan OH 1518.. Mercy merilis OH 1521 “Intercooler” yang merupakan penyempurnaan dari 1518″King”. Dan kini walaupun produk baru terus dirilis termasuk seri 1518 XBC , 1521 EIII, OH 1525, 1526 dst.. OH 1518 masih menunjukkan keperkasaannya menaklukan perjalanan panjang didepannya.

mungkin cukup sekian dari saya,bila ada kesalahan kata saya mohon maaf
karena saya hanya manusia biasa,,
jika ada kritik,saran atau pesan silahkan berkomentar,,
Terima Kasih

Semoga Bermanfaat
ABM.2016

Sumber Foto : Google Image,OLX






Komentar