
Siapa yang nggak kenal dengan bus yang satu ini,ya betul Po.Nusantara dari Kudus yang satu ini bermesin Mercedes-Benz OH 1525 yang membawa bus Mercedes-Benz memasuki era baru di Indonesia
![]() |
Penampakan Mesinnya |
Mercedes-Benz OH 1525 masuk pada 2004
dengan membawa teknologi baru, yaitu penggunaan Engine Control Unit,dimana
pada generasi sebelumnya OH 1521 Intercooler belum mengadopsi teknologi
ini. walau sempat muncul bus mercedes yang sudah terbilang membawa
teknologi terbaru seperti 1632 pada tahun 2003 yang diusung operator bus
Pariwisata, Bluestar.. namun 1525 inilah yang dipasarkan secara resmi
karena harganya jauh lebih murah
Berikut Spesifikasi Mercedes-Benz OH 1525 (Euro 2):
Mesin
Model OM 906 LA II
Tipe 6 Silinder, Inline, Turbocharged, Intercooler
Daya Maksimum 180 kW (245 PS) @2300 rpm
Torsi Maksimum 900 Nm (92 m/kgf) @1200-1500 rpmVolume 6374 cc
Kopling MF 395, Pelat kering tunggal, digerakan dengan sistem hidraulis-pneumatis
Transmisi G 85 – 6 / 6.7 – 0.73 Manual, 6 gigi kecepatan maju – Sinkromes penuh
Gandar Depan VL3/7D-5, forged steel I-beam
Gandar Belakang HH4/05D-10, dengan diameter crown wheel 410 mm
Rem
Rem Utama Sirkuit Ganda – Udara tekan penuh, Rem Tromol
Rem Parkir Tekanan pegas pada silinder rem, dengan kendali udara tekan, bekerja pada roda belakang
Rem Tambahan Rem Gas buang, digerakan dengan elektro-pneumatis
Suspensi
Depan&Belakang Semi elliptic leaf spring dengan shock absorbers dan stabilizer
Berat Total (kg)
Gandar Depan 5000
Gandar Belakang 10000
Total 15000
Dimensi (mm)
Jarak Sumbu Roda 5950
Julur Depan 2100
Julur Belakang 3350
Panjang Keseluruhan 11400
Unjuk kerja Kendaraan
Kecepatan Maksimum 116 Km/jam
Kemampuan Tanjak maks. 36%
Mesin baru ini pada masanya mendapat sambutan baik, terutama karena produksi powernya yang meningkat lumayan besar dari generasi sebelumnya 210 Hp (pada 1521) menjadi 250 Hp. Dan koreksi pada sistem pembuangan yang jauh lebih bersahabat.. Namun munculnya OH 1525 ini bukannya tanpa keluhan.. banyak yang merasakan penurunan kualitas kenyamanan khas Mercedes khususnya di suspensi yang terbilang keras, tidak senyaman 1521, 1518.. Dan masih adanya mekanik yang belum terbiasa dengan mesin baru ini.. membuat OH 1525 kala itu belum banyak digunakan untuk trayek – trayek lintas pulau semisal jawa – sumatra karena masalah maintenance terutama apabila terjadi kerusakan.. Sehingga banyak operator yang memilih tetap mengoperasikan mesin tua OM366 series seperti OH 1518 dan OH 1521 Intercooler.. walau ada pilihan baru yang irit dan canggih seperti 1518 XBC dan 1521 EIII.. operator tetap lebih tertarik pada mesin lama tersebut dikarenakan “sudah mengerti teknologinya”.
![]() |
Milik Po.Nusantara |
![]() |
Interior masih menggunakan Panel,dan penyempurnaan stir lebih berisi![]() Terlihat jelas bentuk oktgon segi delapan pada roda belakang ![]() OH 1525 Milik Sinar Dempo Dibalut body Legacy Sr-1 ![]()
Ciri khas 1525 yang bisa kita lihat cukup mudah pada eksterior maupun interior,dari sisi eksterior terletak pada panjang overhang depan yang tidak sepanjang 1526, namun lebih panjang dari 1521 intercooler. Panjang overhang depannya hampir mirip Hino RK-T.. untuk dibagian belakang memang agak susah mencirikannya.. karena sama persis dengan 1526. Hanya bila dilihat dengan lebih seksama lagi.. ada perbedaan pada as roda belakang (?) yang mana bila dilihat jelas, memiliki bentuk oktagon / segi delapan dengan logo mercedes ditengahnya.. dan juga menjadi yang terakhir dari generasi bus Mercedes yang memakai As roda belakang seperti itu.. sejak 1526 sudah polos
OH 1525 sendiri akhirnya direplace dengan hadirnya OH 1526 pada tahun 2010 sebagai suksesor dari chassis / mesin revolusioner tersebut.. dan kini keberadaan OH 1525 masih sering ditemui namun secara kasat mata, populasinya memang tidak sebanyak OH 1521 Intercooler dan OH 1526.. Penulis sendiri masih merasakan bila Mercedes – Benz OH 1525 terasa lebih mengisi torsinya dikala menanjak dibandingkan 1526, sepertinya perbedaan memang terletak pada mapping ECU
mungkin cukup sekian dari saya,bila ada kesalahan kata saya mohon maaf
karena saya hanya manusia biasa,,
jika ada kritik,saran atau pesan silahkan berkomentar,,
Terima Kasih
Semoga Bermanfaat
@ABM.2017
Sumber Foto : Google Image,Imotorium,Busmania
|
Cara membuka PLD 1518 EURO
BalasHapus