MERCEDES BENZ OH 1626


Mercedes Benz OH 1626,Senyaman Chassis Premium

Image result for hr new tattoo 505

AutobusMagz – Hallo para pecinta bus,maafkan kami karena sudah sangat lama tidak posting,karena mimin sangat sibuk di dunia nyata.

Oh iya,mimin kali ini akan bahas Mercedes-Benz OH 1626,penerus dari Mercedes-Benz OH 1526.Sebagai contoh gambar di atas,siapa sih pecinta bus yang nggak kenal bus diatas,iya,bus tersebut adalah mantan new tattoo 505,karena sekarang sudah berganti julukan dan sang driver ganti armada.

Kembali lagi ke topik utama.Sebenarnya tidak ada yang membedakan antara duo chassis tersebut,perbedaan yang paling mencolok adalah pada suspensinya.Mercedes Benz OH 1626 telah menggunakan Air Suspension sehingga lebih nyaman dan memanjakan para penumpang.Tidak seperti generasi sebelumnya yang menggunakan suspensi daun dengan peredam kejut.


OH 1626 sangat mudah sekali dibedakan dengan generasi sebelumnya ketika belum menggunakan body, mengapa?, karna chasis bus ini tidak menggunakan Ladder Frame seperti generasi sebelum-sebelumnya yang sudah berukuran panjang, tetapi untuk tipe ini menggunakan Chasis bentuk Modular Frame jadi terlihat sangat pendek dari chasis yang lain pada umumnya. Mengapa demikian?, karna dengan bentuk modular frame, akan mudah diangkut melalui jasa truk menuju tempat karoseri, dan ketika hendak dipasang body, chasis model ini akan dipisah antara bagian belakang dan depanya, lalu disambung dengan space frame atau chasis penyambung yang berbentuk panjang, yang mana space frameini jenisnya sesuai standar pihak Mercedes Benz, karna menggunakan space frame, maka luas bagasi pun menjadi sangat lebar dan leluasa, sehingga bagasi kanan terbuka luas sampai nembus bagasi kiri,Seperti gambar dibawah

bagasi Mercedes Benz OH 1626

Maka dengan Space Frame ini, barang bawaan yang bisa diangkut oleh bis ini lebih banyak lagi. Namun kekurangan dari Space Frame adalah apabila pihak Po ingin merebody atau mengganti body lama dengan body baru akan lebih sulit, karna body bukan hanya menumpangi chasis melainkan sudah menyatu dengan Space Frame, sehingga apabila rebody ini dilakukan, pihak Po harus menerima konsekuansinya yaitu membuang body lamanya dan tidak bisa digunakan lagi, berbeda dengan proses rebody Ladder Frame yang hanya tinggal melepas body dengan mudah dan utuh, tanpa merusak bagias chasis, bahkan body lama masih bisa disimpan untuk digunakan lagi untuk chasis yang lain.
Air Suspensi Mercedes Benz OH 1626Air Suspensi Mercedes Benz OH 1626

Gambar diatas adalah bentuk dari Air Suspension dari Mercedes Benz OH 1626,dimana ada kemiripan dengan Air Suspension milik volvo yaitu balon udara yang langsung menopang ke chassis

Interior New Mercedes Benz OH 1626

Dan itu adalah bentuk stir dari Mercedes Benz OH 1626,memang agak beda dengan generasi sebelumnya,karena generasi sebelumnya menggunakan model stir 2 palang.Dan di MB OH 1626 ini diperindah lagi dengan bentuk 4 palang dan terkesan semakin elegan.Untuk bentuk dashboard,tergantung dari karoseri,karena dashboard yang membuat adalah karoseri.


Berikut adalah spesifikasi dari Mercedes Benz OH 1626

Mesin: Mercedes-Benz OM 906 LA Euro 3 Diesel, 6-Cylinder in-line, direct injection with a turbo charger and intercooler
Bore/stroke: 102/130 mm
Kapasitas silinder: 6374 cc
Tenaga maksimum: 191 kW (260 hp) @ 2200 rpm
Torsi maksimum: 950 Nm @ 1200-1600 rpm
Clutch: MF 395 Single-plate dry clutches with diaphragm spring. Hydraulically operated shift
Transmisi: G 85 – 6 Manual, 6-speed forward
Gear ratio: 6.70/3.81/2.29/1.48/1.00/0.73 R : 6.29
Top speed: 120 km/h
Daya tanjak: 43 persen
Axle depan: VL 3/8 D-6.5
Kapasitas axle depan: 5500 kg
Axle belakang: HH 4/08 D-10.5
Gear ratio: 5.22 (47:9)
Kapasitas axle belakang: 10.500 kg
Steering: Power Steering ZF 8097
Roda: 8.25 X 22.5 PR 16 & 11.00 R 22.5
Elektrikal: 24 Volt
Alternator: 28 V/80 A
Baterai: 2x150Ah, 12V
Kapasitas BBM: 300 liter
Panjang sasis: 8,776 meter
Radius putar: 9.440
Berat sasis 4.900 kg
Payload 16.000 kg

Secara teknis chassis Bus Mercedes Benz OH 1626 bermesin 6374cc dengan 6 silinder segaris, yang berstandard Euro 3, memiliki torsi 950 Nm @1200-1600 RPm,dengan tenaga maksimal 260 Hp @2200 RPm.Bus ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi pemilik armada bus yang concern soal kebutuhan bahan bakar yang lebih irit.



Tambahan :
Sekilas bila dilihat tiada yang aneh di bus tersebut,tapi bus tersebut kelas ekonomi yang menggunakan Mercedes Benz OH 1626.Memang PO.Bintang Utara sering melakukan hal aneh tersebut dengan menggunakan Chassis premium untuk bus kelas ekonomi.Mungkin orang sana pingin bus tanpa ac tapi nyaman kali ya,hehehe.
Untuk masalah harga,Chassis ini dibandrol dengan harga Rp.749.000,00.(Off The Road)Harga tersebut belum termasuk karoseri.Harga tersebut mungkin sebanding dengan fasilitas dan kenggulan yang diberikan

mungkin cukup sekian dari saya,bila ada kesalahan kata saya mohon maaf
karena saya hanya manusia biasa,,
jika ada kritik,saran atau pesan silahkan berkomentar,,
Terima Kasih

Semoga Bermanfaat
@ABM.2018

#Bonus Foto



Sumber foto : bismania.com, bmc, npm, gapuraningrahayu, rosin, budiman, google



Komentar